Kedahsyatan Basmalah*

“Le, bismillah disek !” (nak, baca bismillah dulu/red,jawa), itulah penggalan kalimat orang tua ketika melihat buah hatinya hendak melakukan sesuatu. Sejak kecil kita sering diajarakan oleh orang tua kita ketika mau melakukan apapun harus di awali basmalah, apalagi dalam urusan ibadah,  seperti contoh ketika mau mengaji, makan, minum, tidur, bahkan ketika mau bepergian walaupun sekedar keluar untuk membeli camilan. Kenapa demikian ?

Karena selain tugas orang tua adalah mengajarkan kebaikan kepada anaknya, membaca basmalah dalam setiap kegiatan (yang baik) bertujuan agar kita sebagai umat islam selalu ingat kepada tuhan dalam kondisi apapun, dan setiap kegiatan yang kita perbuat mendapat keberkahan. Hal ini terbukti dari sabda Rasulullah SAW. Yang artinya:
“Setiap perbuatan baik yang tidak didahului basmalah maka perkara itu kurang keberkahannya”(HR. Abu Dawud).

Menurut Sayyid Muhammad Syatha’ Ad Dimyathi, dalam kitab I’anah At Tholibin, maksud kurangnya barokah disini tergantung apa bentuk perbuatannya. Contoh kurang berkah dalam hal mengaji dan belajar yaitu sulitnya kita memaham dan mengambil kemanfaatan dari apa yang kita kaji, dan dalam hal makan yaitu lemahnya tubuh dalam mengambil kemanfaatan dari makanan itu karena adanya ikut campur setan saat kita tidak membaca basmalah.

Pembaca MIFDA yang di rahmati Allah SWT.

Banyaknya keistimewaan basmalah ini dikarenakan makna semua kitab yang diturunkan dari langit ke bumi yang bejumlah 104 kitab,  yakni 60 shuhuf untuk  nabi Syits, 30 shuhuf untuk nabi Ibrahim, 10 shuhuf untuk nabi Musa sebelum kitab Taurat dan kitab Taurat itu sendiri, kitab Injil dan Al Furqon (Al Quran), semua makna tersebut terkumpul pada surat Al Fatihah yang mana  titiik pusatnya  terdapat pada basmalah.

Selain itu terjadi sebuah peristiwa aneh dan menakjubkan terkait basmalah, pada saat diturunkannya bacaan basmalah, terjadi  awan mendung berlarian menuju arah timur, berhentinya angin setelah berhembus, dahsyatnya gelombang air laut, hewan-hewan dibuat terkesima saat mendengar bacaan basmalah, terbelenggunya semua setan, dan Allah bersumpah dengan keagungan-Nya dan kebesarann-Nya, bahwa dengan membacakan basmalah pada orang sakit, maka Allah akan menyembuhkannya dan Allah akan memberkahi setiap perbuatan yang di awali dengan basmalah.

Pembaca yang budiman

Dari keterangan di atas, dapat kita pahami betapa dahsyatnya bacaan basmalah yang justru sering diremehkan banyak orang, karena mungkin belum terbiasa mengawali setiap perbuatannya dengan basmalah dan buta akan keistimewaan ataupun fadhilah yang tersimpan dalam lafadz bismillahirrohmanirrohim.

Untuk itu kami akan mencoba menampilkan sedikit dari banyaknya rahasia yang tersirat dari basmallah yang mungkin sangat jarang kita ketahui :

  • Mantra melemahkan setan

Diceritakan ada seorang laki-laki yang  mengumpat di dekat Rasulullah seraya berkata “ celakalah setan !”, kemudian nabi bersabda : “Janganlah engkau berkata seperti itu, karena setan akan semakin kuat sebab ucapanmu itu, akan tetapi ucapkanlah bismillahirrohmanirrohim, karena dengan bismillah setan akan menjadi lemah dan mengecil sekecil lalat.” (kitab I’anatut Tholibiin, Juz 1,hal:3).

  • Tiket surga

Rasulullah bersabda :  “Ketika seorang hamba mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, surga akan berdoa : Wahai tuhanku, sesungguhnya hambamu telah membaca bismillah, maka jauhkanlah dia dari neraka dan masukkanlah dia di surga.” (kitab I’anatut Tholibiin, Juz 1,hal:4).

  • Jaminan hidup bahagia dan mati syahid

SabdaRasulullah SAW. : “Barang siapa yang ingin hidup bahagia dan syahid saat meninggalkan dunia, maka bacalah basmalah disetiap engkau memulai sebuah perbuatan.” (kitab I’anatut Tholibiin, Juz 1,hal:3).

Rahasia di balik huruf basmalah

Tidak ada satupun huruf dari ayat Al Qur’an tanpa punya makna dan faidah, tak terkecuali huruf yang terdapat pada basmalah, masing-masing hurufnya  mempunyai rahasia makna yang dalam, diantaranya :

  • Arti huruf ba’ yaitu Buka’u At Taibiin (tangisannya orang-orang yang bertaubat dari maksiat).
  • Huruf sin yaitu Sahwu Al Ghofilin (lalainya orang-orang yang lupa dunia atau ingat kepada Allah).
  • Huruf mim yaitu Maghfiroh Lilmudznibiin (ampunan Allah bagi orang-orang yang berdosa).

Jika melihat dari jumlah 19 huruf basmalah yang tertulis, yang mana itu sama dengan jumlah malaikat zabaniyah (malaikat yang bertugas menyiksa orang-orang di Neraka) maka Allah akan menjadikan setiap huruf tersebut sebagai tameng yang dapat melindungi diri pembaca dari siksaan 19 malaikat tersebut.

Kesimpulan dari keterangan di atas, bahwa basmalah tidak bisa dianggap remeh dengan hanya memandang secara kasat mata, basmalah termasuk sesuatu yang penting karena mempunyai banyak keutamaan dan bisa memberikan keberkahan pada apa yang kita perbuat.

Maka dari itu marilah kita membiasakan diri untuk mengawali setiap ibadah kita dan segala perbuatan yang baik dengan membaca bismilahhirrahmanirrahim.

* Penulis :

Siswa Madrasah Darussalamah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *